Senin, 03 Desember 2012

Cara penanggulangan Banjir 1

Cara menanggulangi banjir
Apakah kita akan terus – menerus membiarkan kondisi tidak sehat terjadi di kota – kota yang rawan banjir. Tentunya tidak. Itu sebabnya, kita dan pemerintah harus mencari cara menanggulangi banjir meskipun sebenarnya cara tersebut sudah ada, kita tinggal merealisasikannya.
Berikut ini beberapa cara untuk menanggulangi banjir :
1.     Memfungsikan sungai dan selokan sebagaimana mestinya. Sungai dan selokan adalah tempat aliran air, jangan sampai fungsinya berubah menjadi tempat sampah.
2.     Larangan membuat rumah di dekat sungai. Biasanya, yang mendirikan rumah di dekat sungai adalah para pendatang yang datang ke kota besar hanya dengan modal nekat. Akibatnya, keberadaan mereka bukannya membantu peningkatan perekonomian. Malah sebaliknya merusak lingkungan. Itu sebabnya, pemerintah seharusnya tegas melarang membuat rumah di dekat sungai dan melarang orang – orang tanpa tujuan tidak jelas datang ke kota dalam jangka waktu lama (untuk menetap).
3.     Menanam pohon dan pohon – pohon yang tersisa tidak di tebangi lagi. Pohon adalah salah satu penompang kehidupan di suatu kota. Bayangkan, bila sebuah kota tidak penetralisasi pencemaran udara di siang hari, sebagai pengikat air di saat hujan melalui akar-akarnya. Bila sudah tidak ada  lagi pohon, bisa di bayangkan apa yang akan terjadi bila hujan tiba.
Cara menanggulangi banjir tersebut bisa di lakukan saat ini juga. Bila tidak sekarang, kapan lagi? Kita semua wajib memikirkan cara menanggulangi banjir. Bagaimanapun, hal itu adalah tanggung jawab bersama. 

2 komentar:

  1. Ada ga sih min alat untuk mendeteksi banjir? Website Gratis

    BalasHapus
  2. Mari cegah banjir dengan menanam pohon, sekarang semakin menarik karena kita juga bisa mendapatkan keuntungan ekonomi dengan menanam dan mengkampanyekannya. Cari tahu bagaimana caranya di http://www.greenwarriorindonesia.com

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

© Mitigasi Bencana Alam, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena